Monday, April 22, 2013

Manusia Komputer "Si Jenius " Shakuntala Devi Tutup Usia


Liputan6.com, Bangalore : Berita duka datang dari India. Shakuntala Devi, perempuan jenius yang dijuluki "manusia komputer", "otak kalkulator", tutup usia di usia 80 tahun.

Ia diketahui menderita masalah pernafasan, juga komplikasi jantung dan ginjal. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, Shakuntala Devi sempat dirawat dua minggu di rumah sakit di Bangalore.

Kejeniusan Shakuntala Devi membuat namanya tercatat di Guinness World Record, untuk kemampuan berhitungnya yang supercepat.

Pada tahun 1977 ia menghitung akar pangkat 23 dari angka 201 digit hanya dalam waktu 50 detik. Mengalahkan komputer dengan performa terbaik kala itu yang butuh waktu 62 detik. Luar biasa!

Pada tahun 1980 ia mengalikan angka 13 digit, 7.686.369.774.870 x 2.465.099.745.779 yang diberikan secara acak oleh komputer Imperial College, London. Hanya dalam waktu 28 detik.

Bukan itu saja kemampuannya, Shakuntala Devi mampu mengetahui hari lahir seseorang dari tanggal lahirnya -- padahal kebanyakan orang hanya ingat tanggal lahir mereka, tapi tidak harinya. Ia juga bisa menentukan hari dari setiap tanggal yang disodorkan padanya hanya dalam waktu beberapa detik.

"Sangat menyedihkan tekniknya menyederhanakan matematika tak digunakan oleh instutusi pendidikan," kata D.C. Shivdev perwakilan, Shakuntala Devi Educational Foundation Public Trust kepada The Hindu.

"Ia berusaha untuk menyederhanakan matematika untuk para siswa, membantu mereka untuk lepas dari fobia matematika. Sayangnya tekniknya ikut hilang, seiring dengan kematiannya."

Meski demikian, masih ada "warisan" Shakuntala Devi yang tersisa. Dalam sejumlah buku yang pernah ia tulis, termasuk Fun with Numbers, Puzzles to Puzzle You, dan Awaken the Genius in Your Child.

Anak Ajaib

Kejeniusan Shakuntala Devi sudah terlihat di usia dini. Ayahnya, seorang pemain sirkus menyadari keistimewaan putrinya yang baru berusia 3 tahun. Pada umur 6 tahun, Shakuntala mempertontonkan kemampuannya yang istimewa di depan umum di University of Mysore.

Suatu hari, Shakuntala Devi ditanya soal dari mana kemampuannya itu berasal. Padahal ia tak menyenyam pendidikan formal. Ia menjawab, "dari Tuhan."

Ia juga menyebut, tak satupun dari keluarganya yang memiliki kemampuan serupa. "Satupun tidak. Meski ayah saya adalah seorang pesulap," kata dia seperti dimuat Daily Mail (22/4/2013).

Dengan kemampuannya itu, tanpa gelar akademik, Shakuntala Devi berhasil mengumpulkan kekayaan berlimpah. Setidaknya, ia punya rumah di Bangalore, tiga properti di London, dan sebuah apartemen di Manhattan, AS. (Ein)

No comments:

Post a Comment